Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Layar LCD dan LED pada Monitor dan TV

Info-teknologi.com - Perbedaan Layar LCD dan LED. LCD dan LED adalah jenis-jenis layar yang sudah kekinian. Berbeda dengan pendahulunya yang berbentuk tabung, LCD dan LED berbentuk datar (flat). Sehingga jika dibandingkan dengan monitor atau tv yang berbentuk tabung, layar LCD dan LED ini bisa lebih ringkas.

Tapi, meskipun lebih baik ketimbang pendahulunya, ada beberapa perbedaan layar LCD dan LED. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang perbedaan layar LCD dan LED pada Monitor dan TV.

Perbedaan Layar LCD dan LED
Monitor Layar Tipis (Flat) (sumber: freeimages)


Perbedaan Layar LCD dan LED pada Monitor dan TV

Meskipun mirip, perbedaan layar LCD dan LED ini tidak sebatas pada tulisan "C" dan "E" saja. Tapi terdapat perbedaan baik itu sumber cahayanya, kualitas gambarnya, besaran konsumsi listrik, daya tahan, dan tentu saja harganya. 

Pengertian LCD dan LED

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Dari kepanjangannya dapat diartikan bahwa layar LCD menggunakan cahaya dan kristal cair untuk menampilkan gambar. 

LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode, layar LCD ini menggunakan sumber cahaya berupa lampu dioda yang dapat menghantarkan cahaya.

Perbedaan Kualitas LCD dan LED

  • LED memiliki resolusi gambar yang lebih baik ketimbang LCD
  • LED memiliki kontras yang lebih tinggi daripada LCD karena lebih kaya warna dengan akurasi warna yang lebih baik
  • Tampilan LED lebih jelas dibandingkan LCD

Perbedaan Dimensi Layar LCD dan LED

Sudah kita ketahui bahwa Laya LCD dan LED memang lebih tipis dari monitor tabung. Monitor tabung banyak memakan tempat dan lebih berat, sedangkan LCD dan LED lebih ramping, tipis, dan lebih ringan.

Tetapi jika membandingkan dimensi LCD dan LED, hampir tidak kelihatan bedanya. Coba lihat dengan detail. Perbedaanya hanya pada ketebalan layar dan bezel (pinggiran layar) pada LED yang lebih tipis dan sedikit lebih ringan daripada LCD.

Perbedaan Konsumsi Listrik LCD dan LED

Baik itu sebagai perangkat TV maupun monitor, layar LED lebih hemat 30% dibanding penggunaan listrik pada layar LCD

Konsumsi listrik yang lebih rendah inilah yang membuat LED banyak digunakan diperangkat-perangkat yang lain. Misalnya saja pada lampu rumah dan lampu sepeda motor. Tak heran jika jaman sekarang banyak menggunakna LED karena lebih irit dan hemat listrik tetapi dengan tingkat penerangan yang sangat baik. 

Perbedaan Daya Tahan LCD dan LED

Karena LED menggunakan daya listrik yang lebih rendah, maka suhu yang ada pada perangkatnya pun lebih dingin. Sehingga LED akan lebih tahan lama dalam pemakaian dibandingkan dengan LCD.

Tetapi, jika mengalami kerusakan, biaya perbaikan dan spare part LED lebih mahal dibandingkan LCD. Sebagian orang lebih memilih membeli TV atau monitor LED yang baru ketimbang harus memperbaikinya.

Jika kamu bukan orang yang ceroboh, membeli monitor atau TV dengan Layar LED lebih direkomendasikan.

Perbedaan Harga LCD dan LED

Harga TV atau monitor dengan layar LED lebih mahal sekitar 10% dibandingkan layar LCD. Hal ini karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. 

Tidak masalah memilih yang sedikit lebih mahal, tetapi lebih awet dengan kualitas yang lebih OK. 

Jadi, Pilih LCD atau LED ?

Pilih LED ? Belum tentu juga. 

Tentukan dulu tujuan dan penggunaan anda. Jika hanya untuk sebatas aktifitas kantor, seperti penggunaan MS. Word dan Excel, dengan monitor LCD saja sudah cukup dan bisa menghemat pengeluaran.

Tetapi jika anda memiliki keperluan untuk membuat konten grafis, video, bahkan untuk gamer. Lebih disarankan menggunakan monitor dengan Layar LED. Hal ini karena ketajaman warnanya yang lebih jelas dan kontras warna yang lebih sesuai.

Perbedaan Layar LCD dan LED
Monitor LED Untuk Gamer (sumber: Pixabay)


Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami tentang perbedaan layar LCD dan LED. Semoga bisa membantu anda dalam memilih monitor atau tv yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Terus ikuti website kami untuk informasi-informasi seputar teknologi. Terimakasih :) 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Layar LCD dan LED pada Monitor dan TV"