Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Mitos Deep Web Dan Dark Web

Info-teknologi.com - Di dunia internet, mudah sekali kita mengakses informasi melalui mesin pencari. Informasi ini adalah yang sengaja di bagikan untuk kita semua agar memperoleh pengetahuan baru setiap saat. 

Namun tahukah kamu, ada web yang tidak muncul di situs pencarian ? Hal ini karena web-nya sengaja tidak diindeks. Mungkin saja itu alasan keamanan, atau memang sengaja disembunyikan. 

Deep Web dan Dark Web
Deep Web dan Dark Web

Dari banyaknya web yang disembunyikan dari mesin pencari, ada istilah deep web dan dark web. Yang menjadi tanda tanya, kedua hal ini sama atau berbeda ya ? 

Deep Web Berbeda Dark Web ? 

Mungkin sebagian orang mengira deep web sama dengan dark web. Hal ini karena 2 jenis web ini sama-sama tidak terindeks di situs pencarian. Deep web memang berisi informasi yang tidak terindeks secara publik. Namun, dark web lebih dalam lagi dan memang sengaja disembunyikan agar tak banyak orang yang tau dan mengakses web ini.

Pernahkah Mengunjungi Deep Web ? 

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, kamu pasti mengira bahwa kamu belum pernah mengakses Deep Web. Namun, pernahkah anda masuk ke website yang mengharuskan anda untuk login terlebih dahulu ? 

Misalnya saja website siakad kampus, internet banking, dan website lainnya yang jika anda mengakses harus login terlebih dahulu. Karena terdapat informasi akun, maka data web ini harus disembunyikan dari mesin pencarian. Hal ini agar keamanan data mu tetap terjaga dan tidak muncul di halaman pencarian. 

Hampir sama dengan deep web, cara memasuki dark web juga bisa melalui halaman login terlebih dahulu. Bisa saja tidak ada alamat domainnya, atau hanya IP address yang diketahui oleh sedikit orang. 

Deep Web Dioperasikan Oleh Kriminal ? 

Ada mitos yang beredar bahwa deep web dioperasikan oleh kriminal. Kenyataannya, sebagian besar situs deep web itu legal dan memang sengaja disembunyikan untuk keamanan datanya. Bahkan deep web dioperasikan oleh instansi besar, seperti perusahaan, bank, bahkan pemerintahan. 

Memang sebagian besar deep web legal, dan pasti kamu tiap hari mengaksesnya. Bahkan tanpa software khusus pun kamu masih bisa mengaksesnya. Misalnya saja google drive, dropbox. Tentu saja isinya dirahasiakan pada orang lain sehingga keamanan terjaga.

Informasi Deep Web Berisi Sedikit Informasi ? 

Faktanya, sekitar 90% informasi yang ada di internet berada di deep web. Sedangkan dark web berisi 0,1 % dan termasuk bagian dari deep web. Sedangkan sisanya adalah apa yang terlihat di web umum. 

Sebagian besar deep web berisi database yang merupakan kumpulan data-data yang sangat penting. Karena saking pentingnya, biasanya setiap mengakses harus login menggunakan username dan password tertentu. Tak hanya itu, kadang juga diperlukan enkripsi khusus untuk perlindungan datanya. 


Akhir Kata

Demikian mitos yang berkembang dari deep web dan dark web. Ada yang mungkin pernah terdengar di telinga anda, atau pernah anda baca. Tapi kenyataannya tidak seperti itu. Fakta-faktanya sudah ada diatas yaa.
Jika ada kekeliruan mohon ditulis di kolom komentar agar saya bisa memperbaikinya yaa :) 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Mitos Deep Web Dan Dark Web"

Berlangganan via Email