Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori

Info-teknologi.com - Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori. Google Chrome merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang digunakan untuk browsing atau membuka halaman-halaman web. 

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori
Google Chrome

Kita pasti sering menggunakan Google Chrome. Aplikasi browser yang serupa adalah Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge, dan Safari. 

Tapi pernahkah anda ketika asik browsing menggunakan Google Chrome tapi tiba-tiba ngelag ? Apalagi jika laptop atau komputer kentang, pasti berat banget saat buka Google Chrome.

Bisa jadi Chrome anda memakan banyak RAM atau memori anda. Sebenarnya masih banyak browser yang lebih ringan. Tapi kalau sudah nyaman mau gimana lagi. 

Coba cek terlebih dahulu penggunaan memori di Task Manager. Kalau banyak google chrome yang aktif berarti memang sedang memakai banyak tabs. 

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori
Chrome Boros Memori

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori

Anda bisa melakukan berbagai cara mengatasi google chrome boros memori

1. Tutup Tab Yang Tidak Digunakan

Jika sudah tidak digunakan, sebaiknya anda menutup tab pada browser anda. Berbagai tab yang dibuka membuat komputer memproses satu persatu. 

Bisa dilihat pada gambar sebelumnya bahwa banyak tulisan Google Chrome. Ini menandakan banyaknya proses pekerjaan yang sedang dilakukan.

Cukup gunakan beberapa tab saja, dan tutup tab yang tidak digunakan. Ini akan memperingan kinerja Google Chrome dan komputer anda.

2. Kurangi Penggunaan Extension

Extension merupakan pernak-pernik yang bisa membantu pekerjaan anda menggunakan Google Chrome. Tapi jika terlalu banyak extension yang aktif, juga bisa membebani RAM.

Coba lihat extension yang kamu miliki dengan membuka chrome://extensions/

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori
Extension Google Chrome

Saran :

  • Jangan menginstal banyak extension
  • Nonaktifkan atau Hapus secara permanen

3. Hapus Cache Google Chrome

Jika anda pernah membuka halaman web lalu anda menutup halaman webnya, cachenya masih tersimpan dalam browser anda. Ini berguna jika ingin membukanya lagi browser tidak terlalu banyak me-loading isi halaman web tersebut.

Tapi jika kita tidak pernah membuka lagi, tentu akan mengendap dalam memori anda dan membuat Google Chrome lemot.

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori dengan menghapus cache adalah dengan membuka chrome://settings/clearBrowserData?search=cache

Atau 

Buka Titik Tiga di Kanan Atas -> Setting

Lalu pada bagian Privacy and Security pilihlah Clear Browsing Data

Pilih Cached Imaged and Files klik Clear Data

Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori
Hapus Cache pada Google Chrome

Lumayan kan jika bisa menghapus 200 MB beban hidupmu seperti diatas. Cache ini berisi gambar atau file yang jika kita meload ulang halaman akan meringankan kinerja browser. Prinsip kerjanya mirip ingatan pada otak kita yang ketika dipanggil tentang sesuatu akan ingat sedikit-sedikit gambarannya.


Catatan

Jika masih kelihatan berat, coba upgrade RAM. Siapa tau memang RAM nya masih 2 GB dengan kinerja Google Chrome versi terbaru sudah tidak relevan dan cenderung berat. 

Atau jika belum ada budget anda bisa install ulang komputer anda. Ini akan membersihkan banyak file-file temporary yang ada di komputer anda.

Akhir Kata

Demikian cara mengatasi Google Chrome Boros Memori, semoga dapat memperingan kinerja google chrome dan komputer kita. Seringlah melakukan perawatan pada perangkat anda selama seminggu atau sebulan sekali agar kinerja komputer tidak berat.

Jangan lupa tinggalkan jejak dengan tulis di kolom komentar yaa :) 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Chrome Boros Memori"

Berlangganan via Email