Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan HDD dan SSD

info-teknologi.com - Perbedaan HDD dan SSD Saat kita akan membeli komputer atau laptop baru, pasti kita mencari-cari referensi terlebih dahulu. Biasanya yang kita cari adalah spesifikasi perangkatnya.

Spesifikasi komputer atau laptop baru biasanya ada pada prosessor, RAM, VGA, dan tentu saja perangkat penyimpanan. Pada perangkat penyimpanan biasanya ada 2 macam, yaitu HDD (Harddisk) dan SSD. 

Tahukah kamu perbedaan HDD dan SSD ?

Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk merupakan perangkat penyimpanan versi lama yang menggantikan jenis terdahulunya yaitu Floppy Disk Drive (FDD). Harddisk ini memang bisa menyimpan data lebih banyak ketimbang FDD. 

Perbedaan HDD dan SSD
Hard Disk Drive


Pada Hard Disk Drive, terdapat bagian yang bergerak mekanis dengan kecepatan rotasi 5400 atau 7200 rotasi per menit. 

Dibanding dengan SSD, harganya lebih terjangkau. Tetapi HDD memiliki kecepatan baca yang lebih rendah

Solid State Drive

SSD merupakan perangkat penyimpanan yang lebih baru dan lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya (HDD). 

Tidak seperti Hard Disk, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak secara mekanis, sehingga hanya membutuhkan daya yang lebih sedikit.

Perbedaan HDD dan SSD
Solid State Drive

Teknologi yang digunakan adalah berupa IC atau chip sebagai tempat penyimpanannya. 

Analoginya adalah kita tentu sudah mengenal USB Flash Disk. Nah, SSD merupakan versi canggih dari USB Flash Disk karena dapat menyimpan data lebih banyak dan tentu saja lebih canggih. 

Perbedaan HDD dan SSD

Terdapat beberapa perbedaan dari Harddisk dan SSD, diantaranya

1. Kecepatan Menyalin

Menyalin atau bisa juga diartikan memindahkan file-file yang ada dalam memori. 

Pada HDD kecepatannya antara 30-150 MB/s.

Pada SSD kecepatannya bisa sampai 500 MB/s.

Tetapi untuk versi terbaru dari SSD NVME, kecepatannya bisa sampai 3000 - 3500 MB/s.

Sangat cepat dan jauh perbedaan kecepatannya.

2. Goncangan

Pada Harddisk terdapat bagian mekanis atau bergerak. Jika terjadi guncangan misalkan laptop kita jatuh, maka kemungkinan besar terjadi kegagalan data pada Harddisknya. 

Hal ini tidak berlaku pada SSD. Karena pada SSD tidak terdapat bagian mekanisnya.

Tapi jangan sekali-kali mencoba untuk menjatuhkan laptop anda yaa.

3. Bentuk dan Ukuran

Pada SSD bentuknya lebih ramping dan ringkas dibandingkan dengan Hard Disk (HDD). Apalagi bentuk SSD NVME, bentuknya hanya berupa kartu yang langsung ditancapkan ke Motherboard.

Perbedaan HDD dan SSD
NVMe SSD M.2

4. Harga 

Solid State Drive (SSD) dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang dengan Harddisk (HDD). Perbandingan harganya adalah SSD berkapasitas 250 GB bisa setara harganya dengan HDD berkapasitas 1 TB.


Saran Terbaik

Jika anda menginginkan kinerja yang cepat tetapi dengan harga yang terjangkau, ada beberapa solusi yang bisa anda pilih.

Dual Drive (SSD + HDD)

SSD anda gunakan sebagai booting Sistem Operasi dan aplikasi yang dijalankan, sedangkan HDD anda gunakan untuk penyimpanan datanya yang relatif besar, seperti foto, video, dan dokumen lainnya.

SSHD

SSHD adalah singkatan dari Solid State Hybrid Drive. Penyimpanan yang ditawarkan lebih besar, tapi harganya lebih terjangkau dengan teknologi yang sama dengan SSD. Brand terkenal yang menawarkan kinerja SSHD adalah Seagate. 


Akhir Kata

Demikian perbedaan HDD dan SSD versi kami. Jika ada tambahan atau yang belum tertulis di artikel ini, bisa ditulis dikolom komentar yaa. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan yang tepat. 

Terimakasih :) 

Posting Komentar untuk "Perbedaan HDD dan SSD"