Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Kode Internet Error

Info-teknologi.com - Macam-macam Kode Internet Error. Saat ini, hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan internet. Baik dipakai saat kerja, untuk tugas sekolah, maupun hanya sekadar santai dirumah. 

Namun, secanggih apapun teknologi itu masih buatan manusia. Ada kalanya kesalahan dan error masih menyertai. Kesalahan pada teknologi internet umumnya karena koneksi jaringan. 

Macam-macam Kode Internet Error
Pesan Error (Designed by Freepik)

Kode yang biasa kita alami misalnya kode 404: Page Not Found. Tapi itu hanyalah salah satu kode dari sekian banyak kode error yang ada. 

Bagi sebagian orang yang menemui kode error ini, biasanya akan langsung menutup browser dan tidak mau tak masalahnya. Tapi bagi anda yang ingin tau, mari kita simak ulasan macam-macam kode error internet dibawah ini.

Macam-Macam Kode Internet Error

Kami hanya akan menjelaskan macam-macam kode internet error yang sering muncul saja. Karena pada dasarnya kode error internet ada banyak sekali. Mulai dari kode 100an sampai 500an. 

1. Error 400 : Bad Request

Jenis Error 404 Bad Request ini adalah error yang terjadi karena server tidak memahami permintaan dari pengunjung website. Banyak penyebab dari jenis error ini, diantaranya bisa karena URL yang tidak sesuai, cache dan cookise yang rusak, cache DNS bermasalah, atau ukuran file yang terlalu besar.

2. Error 401 : Authorization Required

Jenis Error 401 Authorization Required adalah pesan yang muncul karena halaman yang Anda akses tidak dapat dimuat. Hal ini umumnya terjadi karena ada kesalahan dalam memasukkan username atau password

Namun dalam beberapa kasus, Error 401 ini tetap muncul walaupun sudah memasukkan username dan password yang benar. Kemungkinannya karena memang tidak punya akses masuk, masalah plugin, perlindungan dari penyedia hosting, atau memang sedang ditolak oleh server.

3. Error 403 : Forbidden

Error 403 Forbidden adalah pesan error yang muncul karena adanya larangan untuk mengakses resource tertentu dalam web. Resource ini biasanya tidak boleh diakses secara langsung.

Macam-macam Kode Internet Eerror
Kode Error 404

Penyebabnya bisa ada 2 kemungkinan. Pertama, bisa karena pemilik server telah mengatur izin dengan benar, sehingga kamu tidak diizinkan untuk mengakses resource tersebut. Atau yang kedua karena ketidaksengajaan pemilik server sehingga salah dalam mengatur izin. 

4. Error 404 : Page Not Found

Error 404 Page Not Found adalah error yang paling sering kita temui. Penyebab yang paling umum adalah keliru memasukkan URL atau link website. Sehingga tidak menemukan laman yang diharapkan.

Penyebab lainnya adalah kesalahan caching atau tidak bisa menemukan file cache di website anda. Bisa juga disebabkan karena setting DNS yang bermasalah. Atau jika website menggunakan Wordpress, biasanya karena error plugin atau tema dari Wordpress yang digunakan.

5. Error 405 : Method Not Allowed

Jenis Error 405 Method Not Allowed adalah pesan yang muncul karena server menolak request HTTP dari browser.

6. Error 500 : Internal Server Error

Jenis Error 500 Internal Server Error adalah error yang muncul karena terjadi permasalahan pada server atau file utama website tersebut. Penyebabnya biasalah adalah file .htaccess corrupted atau rusak. Mungkin sudah diganti atau tidak cocok karena ada kesalahan.

Sebab lain Error 500 adalah webstei melebihi limit PHP, permasalahan file permissions, atau mungkin karena website melebihi resource paket hosting yang Anda gunakan.

7. Error 502 : Bad Gateway

Error 502 Bad Gateway terjadi karena adanya kerusakan pada satu atau semua upstream server. Penyebab Error 502 biasanya adalah server mengalami kelebihan muatan, terdapat bug pada script PHP, cache browser bermasalah, atau bisa juga karena gangguan jaringan.

8. Error 503 : Service Unavaliable

Error 503 Service Unavailable adalah sebuah pertanda error yang menunjukkan bahwa sementara server tidak dapat menangani permintaan atau akses. Hal ini disebabkan karena server penuh dan tak bisa menangani request lagi. Atau bisa juga karena memang sedang mengalami perbaikan.


Akhir Kata

Demikian sedikit penjelasan dari info-teknologi tentang macam-macam kode internet error yang sering muncul. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi ilmu tambahan bagi kita. 

Jangan lupa tinggalkan jejak komentar dan bagikan informasi ini. Terima kasih telah membaca. :)

1 komentar untuk "Macam-macam Kode Internet Error"