Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air

Info-teknologi - Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air. Saat ini ponsel sudah menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan semua kalangan. Baik itu untuk belajar online, berkomunikasi, mendengarkan musik, streaming, ataupun kebutuhan lainnya. Perangkat ponsel menjadi sebuah keharusan dalam setiap kegiatan kita. 

Namun bisa saja kecelakaan kecil terjadi misalnya ponsel yang terkena air. Bisa saja karena kehujanan, tercebur ke genangan, atau ketumpahan minuman. Kebanyakan pasti karena ketidaksengajaan.

Cara Mengeringkat Ponsel Terkena Air
Ponsel terkena air hujan

Walaupun ponsel terkini sudah dilengkapi dengan anti air / waterproof, namun biasanya itu hanya bagian atas / layar saja. Bagaimana jika masuk ke sela-sela ? 

Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air

Jika ponsel anda terkena air, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah jangan panik. Baik itu yang sudah waterproof atau belum, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Jangan Hidupkan Ponsel

Hal pertama untuk mengeringkan ponsel segera angkat dan jauhkan dari sumber air untuk menghindari kemasukan air lebih banyak. Segera matikan ponsel anda. Jangan dihidupkan terlebih dahulu untuk beberapa saat. Hal ini untuk menghindari terjadinya arus pendek atau konsleting.

Momen detik-detik pertama inilah yang dapat menentukan hidup atau matinya ponsel anda kemudian. 

2. Lepas Baterai

Langkah selanjutnya untuk mengatasi ponsel terkena air adalah dengan segera melepas baterai. Hal ini untuk menghindari konsleting atau arus pendek. Selain baterai, lepas juga Kartu SIM dan Kartu Memori.

Jika ponsel dalam keadaan di cas, segera lepas dari stop kontak. Hati-hati supaya tidak ter-setrum, gunakan lap kering atau handuk.

3. Bersihkan dengan tisue atau lap kering

Berikutnya mengeringkan ponsel terkena air adalah dengan tisue atau lap kering. Tisue atau lap bisa digunakan untuk menyerap air. Mulai dari bagian luar hingga bagian dalam. Pastikan tidak ada lagi air yang nampak.

Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air
Tissue untuk menyerap air


Hindari penggunaan hairdryer atau kipas angin dengan udara panas, karena justru dapat menambah kerusakan ponsel. Tekanan udara justru dapat membuat air semakin masuk ke dalam ponsel. 

4. Manfaatkan Beras

Jika anda merasa ponsel anda terkena jumlah banyak, anda bisa melakukan cara-cara diatas. Kemudian ditambah dengan merendam atau mengubur ponsel dalam beras. Diamkan selama semalaman untuk hasil yang maksimal dalam penyerapan air.

Selain beras, anda juga menggunakan silica gel. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menyerap kelembaban. Tetapi biasanya silica gel lebih sulit ditemukan. Jadi lebih mudah menggunakan beras.

5. Bawa ke tempat servis ponsel

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, cobalah untuk menghidupkan ponsel. Jika ponsel tidak hidup atau masih tidak yakin untuk melakukannya, anda bisa membawanya ke tempat servis. Biasanya tempat servis bisa mengetahui seluk beluk ponsel anda untuk mengatasi ponsel yang terkena air.

Jangan coba-coba untuk membongkar ponsel anda sendiri karena dapat meningkatkan resiko kerusakan pada ponsel.

Tips

Cara terbaik untuk merawat ponsel adalah dengan mencegah dan berhati-hati supaya ponsel anda tidak terkena air. Jika musim hujan, gunakan kantong khusus untuk mewadahi ponsel anda agar terhindar dari air hujan. Jangan gunakan ponsel anda ketika mendekati dengan genangan air, meskiput itu di rumah sendiri.

Demikian cara mengeringkan ponsel terkena air dari info-teknologi. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan komentar dan share artikel ini. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengeringkan Ponsel Terkena Air"