Breaking News

Ini Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Cara Mengatasinya - Windows 10 saat ini menjadi salah satu sistem operasi Microsoft yang paling banyak untuk pengguna kantor dan pebisnis di seluruh dunia. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab laptop lemot Windows 10 karena hal ini akan membantu pekerjaan agar laptop tidak lemot di Windows 10. 

Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Cara Mengatasinya

sebenarnya sudah banyak yang membahas penyebab laptop lemot baik di google maupun di youtube. Namun kali ini akan dibahas penyebab laptop lemot windows 10 dan cara mengatasinya. Bagi anda pengguna windows 10 silakan simak artikel berikut ini.

Laptop Lemot di Windows 10

Pada Windows 10 aplikasi ini tergolong lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi aplikasi Windows sebelumnya sehingga dirasa saat menggunakannya fitur yang disajikan lebih terasa nyaman.

Namun tak jarang juga ada beberapa yang merasa penggunaan Windows 10 ini membuat laptop menjadi lemot atau.

Mungkin tidak hanya kalian yang merasakan bahwasanya saat menggunakan Windows 10 laptop menjadi lemot terutama saat meng-upgrade Windows 7 atau 8 pasti akan mengakibatkan laptop menjadi sangat bekerja lambat atau lemot

Hal itu sebenarnya bukan salah sistem operasi Windows 10 namun bisa jadi penyebabnya laptop sudah terlalu tua atau bisa jadi virus pada komputer atau laptop anda. Banyak hal yang menyebabkan laptop di Windows 10 anda lemot.

Penyebab Laptop Lemot

  • Banyak aplikasi yang sedang berjalan
  • RAM dan prosesor relatif kecil
  • Terdapat virus
  • Terlalu banyak file hingga penuh di disk
  • Bagian komponen Laptop ada yang kotor sehingga kinerjanya tidak optimal.
  • Dan lain sebagainya

Kami memberikan cara untuk mengatasi agar tidak lemot di laptop Windows 10. Berikut ini caranya :

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Hapus Program Tidak Penting agar Laptop Tidak Lemot Windows 10

Ketika ingin menginstal Windows 10 maka pada saat itu juga banyak program bawaan yang ikut terinstal secara otomatis. Yang mana program yang anda perbarui itu kadang tidak begitu kita perlukan.

Jika anda meng-upgrade Windows 10 dengan cara cara upgrade dari Windows 7 atau Windows 8, Tentu terdapat banyak program bawaan dari versi Windows lama yang masih ada namun sudah tidak bisa berfungsi lagi pada Windows 10 karena masalah kompatibilitas.

Sehingga untuk dapat mempercepat Windows 10 sebaiknya program-program lama itu anda hapus. Hal itu dapat memperlambat kerjanya laptop karena meskipun program bawaan itu tidak berfungsi dan tidak bisa berjalan namun sebagian besar akan ikut ketika Windows 10 di upgrade.

Program tersebut bisa menghabiskan resource RAM dan CPU yang seharusnya bisa anda gunakan untuk pekerjaan yang lebih penting namun habis untuk program-program yang tidak penting dan menjadi salah satu penyebab Windows 10 menjadi lemot atau lambat.

Cara Hapus Program Tidak Penting di Windows 10

Bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak penting itu atau program yang tidak penting itu?. Caranya Anda bisa membuka lewat menu apps dan features.

  • Klik menu start Windows
  • Pada kolom Windows search pilih add or remove programs kemudian akan terlihat semua program bawaan lalu Anda bisa pilih mana yang menurut anda kurang penting atau tidak penting lalu klik uninstall.
  • Setelah mengklik uninstall selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan di control panel > program dan features.
  • Setelah itu mungkin kalian akan melihat beberapa program lama yang tidak diperlukan lagi dengan Windows 10 selanjutnya kalian bisa menghapus atau mengosongkan lebih banyak program hari disk C dan dapat meringankan RAM.

Menghapus File pada Folder Temp Secara Rutin

Folder temp adalah folder yang berasal dari aplikasi yang yang berlebih atau besar editing desain dengan aplikasi tertentu.

Biasanya pengguna laptop ketika laptop yang anda gunakan ada file jenis ini yang yang akan tersimpan secara otomatis jika rutin dihapus dapat mengosongkan memori.

Berikut ini cara menghapus file temp sebagai berikut :

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, lalu enter.
  • Tekan tombol kombinasi CTRL + A.
  • Terakhir, klik Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut.

Mematikan Power Saver Plan Baterai

Pada cara ini sangat optimal untuk mempercepat Windows 10 yang lambat.

Kegunaan fitur power saver adalah untuk menghemat baterai agar bisa tahan lama, fitur ini juga dapat secara otomatis akan menurunkan performa Windows 10.

Cara kerjanya yaitu dengan mematikan service atau program aktif yang dirasa tidak penting dan dan hal ini bisa membuat Windows lebih lambat dari biasanya.

Cara untuk membukanya adalah dengan masuk ke Control Panel > Power Options > Pindahkan centang dari Power Saver ke Balanced.

Menghapus Backup Windows Update

Cara berikutnya yaitu dengan menghapus backup Windows update cara ini dirasa dapat mengatasi laptop lemot Windows 10. Dengan menghapus backup dari Windows update yang tidak berguna dapat membuat kinerja Windows 10 menjadi lebih baik.

Jika backup Windows update tidak anda hapus lama-kelamaan akan menumpuk dan dapat menyebabkan laptop menjadi lambat atau lemot. Untuk untuk menghapus backup Windows 10 ada beberapa cara yang dapat anda simak sebagai berikut

  • Klik menu start di laptop Windows 10 Anda kemudian ketik disk cleanup
  • Pilih drive yang akan anda analisis, misalnya local disk C.
  • Lalu klik ok dan tunggu sampai hasilnya muncul.
  • Cara klik satu per satu file tersebut yang tidak penting dan mencurigakan.
  • Terakhir, klik OK.

Kurangi waktu Boot Menu Timeout Ketika Booting Windows 10

Untuk mempercepat loading Windows 10 saat pertama kali dinyalakan, kita juga bisa mengurangi waktu tunggu di start menu.

Jadi, pada saat boot, Windows secara otomatis memberi kita waktu untuk mengakses menu boot; seperti opsi untuk masuk ke safe mode atau recovery mode.

Secara default, waktu yang ditunjukkan adalah 30 detik. Untuk mempercepat loading Windows saat dihidupkan, kita bisa mengurangi durasi waktu tunggu ini.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan sistem lanjutan> pilih tab Lanjutan> di opsi Startup dan pemulihan, pilih Pengaturan> kurangi durasi menjadi 10 detik> OK.

Lakukan Scan Antivirus

Setidaknya pasang satu anti-virus untuk menangkal virus yang mengganggu. Virus bisa memperlambat kinerja laptop Windows 10 sehingga lagi install anti-virus tidak lemot lagi.

Terakhir Hapus Cache Laptop agar Lemot Windows 10

Biasanya meskipun anda tidak menggunakan laptop terutama Windows 10, banyak program atau aplikasi yang sedang berjalan dibelakang layar.

Dengan menghapus cache laptop Windows 10 anda menjadi tidak lemot lagi. Anda bisa menghapus  cache, cookies, dan history ataupun uninstall aplikasi dengan mudah.

Sebenarnya masih terdapat cara lain agar laptop tidak lemot windows 10. Namun hal ini akan menyulitkan anda. Cukup lakukan dengan cara yang sudah kami berikan di atas bisa mempercepat kinerja laptop anda di Windows 10 dan laptop anda kembali normal.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close